Keutamaan Bulan Ramadhan

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah, Wassholatuwassalamu ‘ala Rasulillah Wa’ala alihi wa ashhabihi wa mawwalah, amma ba’d.

Sahabat Kaum Muslimin, sebentar lagi kita akan melaksanakan Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan. tentunya para shahabat merindukan bulan tersebut. Yuk kita ketahui apa saja keutamaan Ramadhan.

  1. Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiallahu’anh.

Artinya:

Rasulullah ﷺ biasanya memberi kabar gembira kepada para shahabatnya dengan bersabda, “telah datang kepada kalian Bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepada kalian puasa didalamnya;pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan para setan dibelenggu; juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih baik dari seribu bulan Barang siapa tidak memperoleh kebaikannya, maka dia tidak memperoleh apa-apa.”

2. Dalam hadits lain juga dijelaskan tentang keutamaan Bulan Ramadhan yang lainnya, seperti hadits Nabi dari Ubadah bin Shamit, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

BACA JUGA:  Manfaat Adas

Artinya: “Telah datang kepada kalian Bulan Ramadhan, bulan keberkahan, Allah mengunjungi kalian pada bulan ini dengan menurunkan rahmat, menghapuas dosa-dosa, dan mengabulkan doa. Allah melihat berlomba-lombanya kalian, pada bulan ini dan dia membangga-banggakan kalian kepada malaikat-Nya, maka tunjukkanlah kepada Allah hal-hal yang baik dari diri kalian. karena orang-orang yang sengsara ialah yang tidak mendapatkan rahmat Allah dibulan ini (HR. Thabrani dan dan perawinya tsiqah)

Inti dari pernyataan ini adalah, tidak sempurna taqarrubnya seorang hamba kepada Allah, jika tidak dibarengi dengan meninggalkan hal-hal yang diharamkan oleh Allah.

BACA JUGA:  Matematika XI Peminatan

3. Keutamaan lainnya yang diberikan Allah kepada Hambanya juga disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah Radhiallahu’anh, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

Artinya: “Ummatku pada Bulan Ramadhan diberi lima keutamaan yang tidak diberikan kepada ummat sebelumnya, yaitu: Bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah dari pada aroma kasturi, para malaikat memohonkan ampunan, bagi mereka sampai mereka berbuka, dan Dia setiap hari menghiasi surganya lalu berfirman (kepada surga): “hampir tiba saatnya para hambaku, yang shalih dibebaskan dari beban, dan derita serta mereka menuju kepadamu.” pada bulan ini para jin yang jahat dibelenggu sehingga mereka tidak bebas bergerak seperti pada bulan lainnya, dan diberikan kepada ummatku, ampunan pada akhir malam, Beliau bertanya: Wahai Rasulullah apakah malam itu malam lailatul qadar? Jawab beliau: “Tidak: Namun orang yang beramal tentu diberi balasannya jika menyelesaikan amalnya. (HR. Ahmad)

Nah itulah sebagian daripada keutamaan Bulan Ramadhan. Semoga Ramadhan ini kita kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

BACA JUGA:  Pola Bilangan Part 3 ( untuk kelas 8)

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tinggalkan Balasan